Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense

Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense

Assalamuallaikum sahabat, kembali lagi nih hehehe, kemaren sempet ada yang nanya tentang istilah menu di adsense, memang untuk yang baru diterima adsense itu adalah hal yang membingungkan karena belum ada laporan berupa grafik maupun angka, tetapi ada menu dan istilahnya. Nah untuk pembahasan kali ini erat kaitanya dengan Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense.

Istilah disini maksudnya seperti

  • Etimated Earning (Penghasilan Tertaksir)
  • Page Views atau sering disingkat PV (Tampilan Laman)
  • Impressions (Tayangan)
  • Click (Klik)
  • Page Click Through Ration ( Laman Rasio Klik Tayang atau sering disingkat RKT)
  • Cost Per Click atau sering disingkat CPC (Biaya Per Klik atau sering disingkat BPK)
  • Page Revenue Per-Thousand Imperssions atau sering disngkat RPM
Nah kita akan membahas mengenai istilah istilah diatas sahabat, walaupun pembahasan kali ini adalah pembahasan yang ringan tetapi jangan suka menyepelekan sesuatu yang kecil sahabat, karena bisa jadi susuatu yang kecil itu bernilai besar

Baca Juga : Ketahui Penyebab Invalid Activity Adsense

Sudah penasaran belum nih pembahasan mengenai istilah di atas? yuk baca sampai habis... :D

ISTILAH MENU DIDALAM ADSENSE
Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense

ESTIMATED EARNING (PENGHASILAN TERTAKSIR)

Untuk Estimated Earning sendiri sering disebut dengan Penghasilan tertaksir, di bagian ini sahabat akan menemukan grafik yang menunjukan pendapatan sahabat selama satu bulan (this month), satu minggu (last 7 days), kemarin (yesterday) dan hari ini (today) didalam bagian ini juga terdapat menu pendapatan selama ini (balance)

PAGE VIEWS (TAMPILAN LAMAN)

Untuk Page Views sendiri sering disebut sebagai PV atau Tampilan lama, kenapa disebut begitu, karena pada bagian ini sahabat akan melihat grafik pengunung diblog sahabat yang terpasang iklan adsense atau setidaknya saat ada pembaca diblog distu mucul iklan adsense, nah bagian ini akan menghitungnya

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Bounce Rate Dalam Analytic

Perlu sahabat ketahui, ketika pembaca membuka 20 halaman, tetapi iklan adsense hanya muncul di 10 halaman, maka di dalam bagian ini tetap akan menghitung 20 halaman

IMPERSSIONS (TAYANGAN)

Impressions sendiri sering disebut sebagai tayangan. kenapa disebut tanyangan?, karena pada bagian ini menunjukan grafik seberapa banyak hamalan, iklan yang terlihat dan jumlah kunjungan,

Misalnya ni, sahabat menempatkan 2 iklan didalam 1 artikel sahabat nah ada pembaca sebanyak 20, maka pada bagian ini akan menghitung 20x2=40, jadi bisa dibilang jumlah atau grafik didalam bagian ini akan menjadi 40

Tetapi hal itu sering tidak konsisten sahabat, adakalanya bagian ini hanya penghitung visitor saja sebanyak 20

Jadi jika pada bagian ini sering melonjak drastis jangan beranggapan buruk dulu sahabat seperti di kunjungi dengan auto visitor dan sejenisnya, mungkin karena bisa menggunakan perhitungan pertama atau bisa juga natural hanya menghitung jumlah pembaca

CLICK (KLIK)

Click atau sering disebut dengan Klik ini gimana ya jelasinnya hehehe, soalnya pasti sahabat banyak yang tahu yang namanya klik itu ya apa yg di klik heheheh..... eehhhh jelasin dong 😈 

Yaudah deh aku jelasin hehehe jadi dibagian klik ini sahabat akan melihat grafik atau jumlah angka, nah grafik atau angka tersebut diperoleh dari pembaca yang mengklik iklan sahabat, jadi misalnya ni,

Baca Juga : Optimasi CPC Google Adsense

Di blog sahabat mempunyai 20 pembaca nah dari 20 pembaca ini ada 2 yang meng klik iklan, jadinya pada grafik atau angka tersebut menjadi 2

heheh, semoga sahabat paham akan bahasaku ini

PAGE CLICK THROUGHT RATION / CTR (LAMAN RASIO KLIK TAYANG / RKT)

Pahe Click Throught Ration (CTR) atau sering disebut dengan Rasio Klik tayang (RKT) ini menampilkan informasi seberapa efisienkah penempatan iklan sahabat, kenapa efisien? ya karena berapa persen dari CTR / RKT ini diperoleh dari banyaknya Impressions atau Tayangan dibagi klik iklan dan di bagi 100%

Hehehe, kebetulan aku kok enggak begitu pinter soal matematika, jadinya aku kasih rumusnya aja ya hehehe,

Klik / Jumlah Tayangan x 100%

COST PER CLICK / CPC (BIAYA PERKLIK / BPK)

Cost Per Click (CPC) atau sering disebut dengan Biaya Per Klik (BPK) ini sahabat akan melihat seberapa mahal harga dari iklan sahabat perkliknya, jadi ketika CPC/BPK sahabat misalnya 2000 dan ada 20 orang pembaca, dari 20 orang pembaca itu ada 2 orang yang mengklik iklan sahabat, jadinya sahabat akan mendapatkan 4000 dari 2 orang pembaca itu.

Tetapi sayangnya CPC itu hanya rata rata saja, karena nilai dari iklan tersebut selalu berbeda beda, misalnya ni iklan tentang asuransi dengan iklan makanan, dari dua itu iklan asuransi menurut saya yang paling besar, dan iklan makanan tidak terlalu besar, tetapi CPC nya tetap 2000, nah maka dari itu saya bisa menyimpulkan CPC ini tidak selalu konsisten

Nah itu untuk harga iklan, beda lagi jika pembaca kita datangnya dari penelusuran yang berbeda, dari Facebook atau Twitter atau mungkin forum-forum lain, CPC/ BPK nya berbeda juga

Untuk wilayah penelusuran juga berbeda sahabat, misalnya dari negara Amerika, Singapura, Inggris dan Indonesia, tentunya memiliki CPC/BPK yang berbeda, dan tentunya lebih mahal negara lain yang tersebut kecuali Indonesia

PAGE REVENUE PER THOUSAND IMPRESSIONS / RPM (HALAMAN RPM)

Untuk Page Revenue Per Thousand Impression (RPM) atau sering disebut penghasilan per 1000 tayangan ini sahabat, jadinya sahabat akan melihat grafik atau angka yang isinya telah diproses per 1000 tayangan sahabat, jadinya bukan penghasilan sahabat sebenarnya tetapi hanya untuk menunjukan berapa sih hasil yang saya peroleh per 1000 tanyangan

Nah berhubung sahabat sudah tahu kalau saya enggak begitu pintar matematika, maka saya kasih aja rumusnya hehehe...

Pendapatan (Hari ini) / Tayangan (Hari ini) x 100%

Ingat sahabat, perhitungan RPM ini tidak akan dimasukkan kedalam saldo / balance /pendapatan keseluruhan, tetapi hanya untuk melihat kinerja saja

Baca Juga : Kelayakan Untuk Gabung Adsense

Nah itu sahabat yang bisa saya bagikan untuk sahabat hehehe, mungkin sahabat mempunyai pandangan yang berbeda atau mepunyai saran dan kritik, jangan sungkan untuk berkomentar ya sahabat

Terimakasih
Assalamuallaikum
Previous Post Next Post

Smartwatch

Random Products