All About Article
Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense

Assalamuallaikum sahabat, kembali lagi nih hehehe, kemaren sempet ada yang nanya tentang istilah menu di adsense, memang untuk yang baru diterima adsense itu adalah hal yang membingungkan karena belum ada laporan berupa grafik maupun angka, tetapi ada menu dan istilahnya. Nah untuk pembahasan kali ini erat kaitanya dengan Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense.

Istilah disini maksudnya seperti

  • Etimated Earning (Penghasilan Tertaksir)
  • Page Views atau sering disingkat PV (Tampilan Laman)
  • Impressions (Tayangan)
  • Click (Klik)
  • Page Click Through Ration ( Laman Rasio Klik Tayang atau sering disingkat RKT)
  • Cost Per Click atau sering disingkat CPC (Biaya Per Klik atau sering disingkat BPK)
  • Page Revenue Per-Thousand Imperssions atau sering disngkat RPM
Nah kita akan membahas mengenai istilah istilah diatas sahabat, walaupun pembahasan kali ini adalah pembahasan yang ringan tetapi jangan suka menyepelekan sesuatu yang kecil sahabat, karena bisa jadi susuatu yang kecil itu bernilai besar

Baca Juga : Ketahui Penyebab Invalid Activity Adsense

Sudah penasaran belum nih pembahasan mengenai istilah di atas? yuk baca sampai habis... :D

ISTILAH MENU DIDALAM ADSENSE
Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense

ESTIMATED EARNING (PENGHASILAN TERTAKSIR)

Untuk Estimated Earning sendiri sering disebut dengan Penghasilan tertaksir, di bagian ini sahabat akan menemukan grafik yang menunjukan pendapatan sahabat selama satu bulan (this month), satu minggu (last 7 days), kemarin (yesterday) dan hari ini (today) didalam bagian ini juga terdapat menu pendapatan selama ini (balance)

PAGE VIEWS (TAMPILAN LAMAN)

Untuk Page Views sendiri sering disebut sebagai PV atau Tampilan lama, kenapa disebut begitu, karena pada bagian ini sahabat akan melihat grafik pengunung diblog sahabat yang terpasang iklan adsense atau setidaknya saat ada pembaca diblog distu mucul iklan adsense, nah bagian ini akan menghitungnya

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Bounce Rate Dalam Analytic

Perlu sahabat ketahui, ketika pembaca membuka 20 halaman, tetapi iklan adsense hanya muncul di 10 halaman, maka di dalam bagian ini tetap akan menghitung 20 halaman

IMPERSSIONS (TAYANGAN)

Impressions sendiri sering disebut sebagai tayangan. kenapa disebut tanyangan?, karena pada bagian ini menunjukan grafik seberapa banyak hamalan, iklan yang terlihat dan jumlah kunjungan,

Misalnya ni, sahabat menempatkan 2 iklan didalam 1 artikel sahabat nah ada pembaca sebanyak 20, maka pada bagian ini akan menghitung 20x2=40, jadi bisa dibilang jumlah atau grafik didalam bagian ini akan menjadi 40

Tetapi hal itu sering tidak konsisten sahabat, adakalanya bagian ini hanya penghitung visitor saja sebanyak 20

Jadi jika pada bagian ini sering melonjak drastis jangan beranggapan buruk dulu sahabat seperti di kunjungi dengan auto visitor dan sejenisnya, mungkin karena bisa menggunakan perhitungan pertama atau bisa juga natural hanya menghitung jumlah pembaca

CLICK (KLIK)

Click atau sering disebut dengan Klik ini gimana ya jelasinnya hehehe, soalnya pasti sahabat banyak yang tahu yang namanya klik itu ya apa yg di klik heheheh..... eehhhh jelasin dong 😈 

Yaudah deh aku jelasin hehehe jadi dibagian klik ini sahabat akan melihat grafik atau jumlah angka, nah grafik atau angka tersebut diperoleh dari pembaca yang mengklik iklan sahabat, jadi misalnya ni,

Baca Juga : Optimasi CPC Google Adsense

Di blog sahabat mempunyai 20 pembaca nah dari 20 pembaca ini ada 2 yang meng klik iklan, jadinya pada grafik atau angka tersebut menjadi 2

heheh, semoga sahabat paham akan bahasaku ini

PAGE CLICK THROUGHT RATION / CTR (LAMAN RASIO KLIK TAYANG / RKT)

Pahe Click Throught Ration (CTR) atau sering disebut dengan Rasio Klik tayang (RKT) ini menampilkan informasi seberapa efisienkah penempatan iklan sahabat, kenapa efisien? ya karena berapa persen dari CTR / RKT ini diperoleh dari banyaknya Impressions atau Tayangan dibagi klik iklan dan di bagi 100%

Hehehe, kebetulan aku kok enggak begitu pinter soal matematika, jadinya aku kasih rumusnya aja ya hehehe,

Klik / Jumlah Tayangan x 100%

COST PER CLICK / CPC (BIAYA PERKLIK / BPK)

Cost Per Click (CPC) atau sering disebut dengan Biaya Per Klik (BPK) ini sahabat akan melihat seberapa mahal harga dari iklan sahabat perkliknya, jadi ketika CPC/BPK sahabat misalnya 2000 dan ada 20 orang pembaca, dari 20 orang pembaca itu ada 2 orang yang mengklik iklan sahabat, jadinya sahabat akan mendapatkan 4000 dari 2 orang pembaca itu.

Tetapi sayangnya CPC itu hanya rata rata saja, karena nilai dari iklan tersebut selalu berbeda beda, misalnya ni iklan tentang asuransi dengan iklan makanan, dari dua itu iklan asuransi menurut saya yang paling besar, dan iklan makanan tidak terlalu besar, tetapi CPC nya tetap 2000, nah maka dari itu saya bisa menyimpulkan CPC ini tidak selalu konsisten

Nah itu untuk harga iklan, beda lagi jika pembaca kita datangnya dari penelusuran yang berbeda, dari Facebook atau Twitter atau mungkin forum-forum lain, CPC/ BPK nya berbeda juga

Untuk wilayah penelusuran juga berbeda sahabat, misalnya dari negara Amerika, Singapura, Inggris dan Indonesia, tentunya memiliki CPC/BPK yang berbeda, dan tentunya lebih mahal negara lain yang tersebut kecuali Indonesia

PAGE REVENUE PER THOUSAND IMPRESSIONS / RPM (HALAMAN RPM)

Untuk Page Revenue Per Thousand Impression (RPM) atau sering disebut penghasilan per 1000 tayangan ini sahabat, jadinya sahabat akan melihat grafik atau angka yang isinya telah diproses per 1000 tayangan sahabat, jadinya bukan penghasilan sahabat sebenarnya tetapi hanya untuk menunjukan berapa sih hasil yang saya peroleh per 1000 tanyangan

Nah berhubung sahabat sudah tahu kalau saya enggak begitu pintar matematika, maka saya kasih aja rumusnya hehehe...

Pendapatan (Hari ini) / Tayangan (Hari ini) x 100%

Ingat sahabat, perhitungan RPM ini tidak akan dimasukkan kedalam saldo / balance /pendapatan keseluruhan, tetapi hanya untuk melihat kinerja saja

Baca Juga : Kelayakan Untuk Gabung Adsense

Nah itu sahabat yang bisa saya bagikan untuk sahabat hehehe, mungkin sahabat mempunyai pandangan yang berbeda atau mepunyai saran dan kritik, jangan sungkan untuk berkomentar ya sahabat

Terimakasih
Assalamuallaikum

Mengetahui Lebih Dalam Istilah di Adsense

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Assalamuallaikum sahabat, kembali lagi nih untuk mengisi sela-sela waktu heheh...., pernahkah sahabat kehilangan password email sahabat, atau lupa? hmmmm yang namanya manusia pasti sering lupa ya hehehe, robot kali enggak pernah lupa hahaha. Eh iya sahabat, untuk pembahasan kali ini erat kaitannya dengan keamanan, kenapa keamanan? hmmm, mungkin karena orang-orang disekitar saya ini masih awam akan hal mengamankan contohnya akun email mereka, pernah suatu ketika ada salah satu sahabat saya meminta tolong untuk dibukakan emailnya, karena dia lupa, entah karena banyak pikiran atau kenapa hehe, awalnya bingung sahabat.... tetapi setelah ditelusuri ternyata salah dalam penginputan dan tentunya akun itu bukan punya saya sahabat, jadi ya mana tau passwordnya ahaha, tapi saya enggak tega lihat sahabat saya yang sedih begitu, jadinya saya berfikir sejenak dan mulai otak atik laptop jadulku ini yang sudah menemaniku kurang lebih 5 tahun heheh...

Beberapa menit kemudian saya menanyakan punya recovery mail? dia tidak tahu apa itu recovery mail, jadi ya aku jelasin sedikit sahabat

Baca Juga : Cara Mengganti Password Akun Google

Recovery mail itu gampangnya adalah email pemulihan yang dibutuhkan untuk membackup atau tangan pihak ketiga tetapi atas nama kita heheh, jadinya email yang satu hilang password kita meminta kepada mas google untuk mereset password kita setelah itu ada email konfirmasi di email recovery kita lalu kita akan diarahan ke halaman penggatian password email kita, jadinya kita aman jika sewaktu waktu lupa password email kita, nah itulah sedikit fungsi recovery mail

tetapi tahukah sahabat... setelah ditanya sahabatku itu bilang enggak punya, karena email yg lupa password adalah email utama,... duhhhh tambah pusing aku, tak berhenti sampai disitu, aku tanya sekalian ke sahabat ku itu, kamu daftar email ini makai nomor telepon?, dari sini mulai ada titik terang hahaha... dia cuman mengangguk, lalu aku tanya nomornya masih aktif? dia menjawab iya, ini aku pakai nomornya, hmmm tuntaslah sudah pusingku ini hehhe, tak berapa lama kemudian, aku coba meminta penggatian password dan suruh memasukan nomor telepon, dan mas Google meminta kode verifikasi yang sudah dikirimkannya ke nomor tadi, dan taraaa... tak ada satu menit sms dari mas Google masuk, setelah itu langsung input dan diarahkan ke halaman penggantian password, setelah diganti aku menyarankan kepada sahabatku itu mencatatnya agar tidak lupa heheh, dan tak berapa lama sahabatku yang tadinya merah padam mukanya, seakan-akan mulai jadi tersenyum lagi hehe, lega rasanya bisa membantu sahabatku itu...

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Apa itu Google Sitelinks

Nah itu cerita singkat dari saya sahabat, ya mungkin sahabat ada yang mengalami begitu, dan sudah terlanjur menggati email yang baru, tidak ada salahnya untuk mengamakan email yang baru milik sahabat, sudah enggak sabar ya gimana caranya, hmmmmmm, baca sampai habis ya...

Menambahkan Email Recovery dan Telepon Recovery

Yang pertama sahabat buka halaman ACCOUNT INI

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Setelah itu login ke akun Google sahabat

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Pilih Masuk dan Keamanan (Sign in & Security)

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Masuk ke Google (Signing in to Google)

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

 Pemulihan Akun (Account Recovery Options)


Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Nah jika sudah sampai pemilihan Recovery Email atau Phone, kita akan isi semuanya, sahabat.

Baca Juga : Mengetahui Lebih dalam DA dan PA dalam Blog

Pilih yang Recovery Phone (Telepone Pemulihan) dan sahabat akan diarahkan ke page berikut


Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Lalu klik saja tambahkan nomor, kurang lebih akan diminta memasukan Nomor Recovery


Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Jika sudah selesai, maka sahabat sudah menambahkan Recovery Telepon

Baca Juga : Kamu Perlu Tau Tipe Blog Yang Disukai Pembaca

Sekarang adalah menambahkan Recovery Mail

Kembali ke Tab Account Recovery dan Pilih Email Recovery ( Email Pemulihan)


Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Pilih yang Recovery Mail  ( Email Pemulihan )

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Klik saja tambahkan dan kurang lebih akan diminta memasukan email recovery 


Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Nah kalau sahabat, sudah menambahkan Emai Recovery dan Phone Recovery, maka sahabat akan tenang jika sewaktu waktu sahabat lupa password email sahabat.

Mungkin itu sahabat untuk pembahasan kali ini hehehe, jika sahabat kurang paham atau masih bingung, silahkan komentar dibawah, dan jangan sungkan untuk memberikan kritik dan saran

Terimakasih
Assalamuallaikum

Penting ! Cara Amankan Akun Google Dengan Menambahkan Recovery Email dan Telepon

Assalamuallaikum sahabat, tahu kan apa itu google heheh, terus tahu juga kan kalau mereka menyediakan berbagai fitur gratis yang sangat bermanfaat hehehe, lantas siapa sih yang enggak tau mas Google hmmm, mungkin ada, tapi sedikit....., ehh iya sahabat untuk pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang Cara Mengganti Password Akun Google, kenapa memilih tema ini? hmmm mungkin karena banyaknya dari sahabat sahabat ku ini yang kurang memperhatikan hal hal kecil sampai sampai tidak tahu cara merubahnya, untuk itu saya bakal mengulas sedikit Cara Mengganti Password Akun Google untuk sahabat sahabatku ini :D.
Cara Mengganti Password Akun Google (nocturnalnet.blogspot.com)
Sebelum itu tahukah sahabat kalau satu password dan email dari mas Google ini bisa di pakai ke semua fiturnya, enggak semua sih hehe cuman sebagian besar, misalnya;

  • Gmail
  • Youtube
  • Adsense
  • Admob
  • Google Drive
  • Gogle Maps
  • Google Photos
  • Google Office (seperti Google Docs, Google Sheet, dll.)
  • Blogger
  • Google+ (ditutup bulan april 2019)
  • Dan beberapa Aplikasi yang sudah bekerja sama dengan Google
Nah gimana sahabat, banyak kan, jadinya jika sahabat mengganti password akun google sahabat, maka semua fitur di atas mengaharuskan sahabat login atau masuk dengan password baru sahabat yang telah di ganti hehehe, sudah penasaran ni cara ngerubahnya gimana? hmmm.....

Cara Mengganti Password Akun Google

Untuk langkah pertama sahabat login terlebih dahulu ke email sahabat, karena cara yang aku kasih ini bermula dari email hehehe
Buka Gmail sahabat atau sahabat bisa membukanya di SINI

Jika sudah tampilannya seperti ini

Cara Mengganti Password Akun Google (nocturnalnet.blogspot.com)

Untuk caranya sahabat buka Gmail  >  Icon Gear >  Setting

Nah kalau sudah sahabat klik settingnya, sahabat cari Account and Import

Seperti ini tampilanya kurang lebih

Cara Mengganti Password Akun Google (nocturnalnet.blogspot.com)

Untuk Caranya sahabat pilih Account and Import  >  Changge Account Setting  >  Change Password

Nah jika sudah di klik sahabat akan disuruh untuk login kembali, kenapa disuruh login kembali? karena ini untuk memastikan keamanan saja

Seperti ini kurang lebih

Cara Mengganti Password Akun Google (nocturnalnet.blogspot.com)

Nah ketika sahabat sudah login, sahabat akan langsung diarahkan ke halaman penggantian password akun google sahabat, 

Seperti ini kurang lebih

Cara Mengganti Password Akun Google (nocturnalnet.blogspot.com)

Untuk Caranya sahabat masukan password baru di kolom textnya (usahakan sahabat mencatatnya agar tidak lupa ataupun hilang)  >  lalu isikan password baru ke kolom text berikutnya  >  setelah itu klik tombol Change Password

Nah mudah kan sahabat Cara Mengganti Password Akun Google ini, tetapi ingat sahabat, catat selalu password sahabat, karena namanya juga manusia, pasti ada lupanya heheh.

Perlu sahabat ketahui, pakar internet dan pakar google pun menyarankan untuk mengubah password 6 bulan sekali, ini bertujuan untuk keamanan, karena hacker atau peretas di dunia selalu tambah hebat saja mengingat keterbukaan informasi makin terbuka lebar.

Nah mungkin itu sahabat yang bisa saya bagikan tentang Cara Mengganti Password Akun Google
kalau sahabat ada pertanyaan dan saran, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah atau sarannya yang selalu saya tunggu.

Terimakasih Sahabat
Assalamuallaikum

Cara Mengganti Password Akun Google

Assalamuallaikum sahabat, pada pembahasan kali ini kita akan mencari tau dan mengenal lebih dalam apasih google sitelinks itu dan bagaimanakah cara kerjanya, terus apa untungnya bagi kita, hmmm mungkin sahabat sendiri pernah melihat sub link atau sub artikel saat membuka dan mencoba mencari sebuah website perusahaan atau website perorangan tetapi sudah besar, jika iya maka sahabat sudah pernah melihat yang namanya google sitelinks ini, masih bingung? atau, masih penasaran? yuk kita bahas hehehe


Apa sih sitelink itu, hmmm kalau dijelaskan dengan mudah, sitelink itu adalah kumpulan link atau tautan yang ada di bawah blog kita sahabat, itilah kerennya sub page yang ada persis di bawah main page... eehhhh apa itu sub page dan apa itu main page? jadi sub page itu adalah bagian dari main page dan main page adalah blog kita, mudahnya gini sahabat, sahabat punya toko makanan, nah di dalam toko sendiri sahabat menjual, makanan pedas, makanan gurih dan makanan manis

Main Page adalah toko makanan
Sub Page adalah makanan pedas,gurih,manis

Nah gimana sahabat, sudah ada gambaran belum? jika sudah yuk kita lanjut lagi pembahasannya

Untuk pembuatan sitelinks sendiri sepenuhnya yang membuat adalah google sendiri karena otomatis sahabat, sahabat hanya perlu memperbaiki blog sahabat agar lebih bagus lagi, mulai dari navigasi, konten dan tentunya blog yang bagus adalah blog yang bisa memerikan solusi bagi pembaca hehehe,

Saat ini, tautan situs bersifat otomatis. Kami selalu berusaha untuk memperbaiki algoritme tautan situs kami, dan kami akan menyertakan masukan webmaster di waktu yang akan datang. Namun, ada praktik terbaik yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan kualitas tautan situs. Misalnya, untuk tautan internal situs, pastikan Anda menggunakan teks tautan dan teks alt yang informatif, singkat, dan menghindari pengulangan. 

Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil bila menurut kami bermanfaat bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengizinkan algoritme kami menemukan tautan situs yang baik, atau jika menurut kami tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan kueri pengguna, tautan tersebut tidak akan ditampilkan.

(dikutip dari sini)

Terus bagaimana sih cara kerjanya, hmmm cara kerjanya simple sebenernya sahabat, google akan melihat bagus  tidaknya situs kita, navigasi situs kita, mana yang sering dikunjungi, jika sudah memenuhi kriteria dari google, lambat laun blog sahabat akan mendapatkan sitelinks.

Terus apa sih manfaatnya dan keuntungannya, tentu saja manfaatnya adalah efisiensi dari para pembaca heheh, ya sahabat sahabat ini, sedangkan untuk keuntunganya adalah meningkatkan klik interkasi pada pembaca heheh, perlu sahabat ketahui, orang orang luar negeri khususnya negara maju, itu sangat menghormati waktu, karena waktu itu sangat mahal, jadi kenapa negara kita masih berkembang? hmmm mungkin dengan sidikit merubah kebiasaan kita untuk selalu menghormati waktu dan ontime ya hehehe, mulai dari dikit demi sedikit.


Kasus dalam contoh heheh....
Misalnya kita contohkan youtube, sahabat bisa melihat ada main page yaitu youtube dan sub page yaitu sign in, masic, youtube channel, history. nah kenapa saya bilang efisiensi, ketika sahabat mau masuk situs youtube, sahabat mau login, otomatis sahabat harus melakukan 2 kali klik, klik youtube dan klik sign in, jika ada sign in pada sub page maka efisiensi waktu sahabat akan bekerja, hanya satu kali klik saja. mungkin itu hal sepele untuk sahabat yang punya banyak waktu, tetapi untuk orang yang menghargai waktu itu sangat penting

Nah gimana sahabat? sudah pahamkah mengenai Google Sitelinks.
Mungkin itu sedikit yang bisa saya jelaskan hehehe, semoga sahabat paham akan bahasaku ini
Semoga bermanfaat

Assalamuallaikum

sumber
https://support.google.com/webmasters/answer/47334?hl=id

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Google Sitelinks

Assalamuallaikum sahabat, kembali lagi nih, setelah kemarin belum nerbitin post hehehe, tahukah sahabat apa itu DA dan PA Tidak tau , memangnya apa itu DA PA? jadi DA dan PA itu adalah Domain Authority dan Page Authority, perlu sahabat ketahui DA PA ini untuk mengetahui seberapa berkualitas blog kita, Lhooo kok bisa, penasaran kan yuk baca sampai habis.


Berkualitas atau tidaknya sebuah blog itu relatif sahabat, tetapi untuk memudahkan saja, ibaratnya jika sahabat mempunyai sebuah produk dan produk itu sering muncul kan banyak yang melihat, banyak yang ingin tahu, apa sih ini? kok bisa sih? gimana sih? nah, kalau sudah memenuhin itu pastinya DA dan PA blog sahabat bagus, sebelum sahabat bingung, alangkah baiknya jika kita ketahui dahulu apa sih Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority

Yup dari namanya saja domain, jelas sudah heheh, eehhhh katanya mau jelasin hmhmhm. Hehehe sabar sahabat, jadi gini domain authority itu adalah ukuran kepercyaan dari sebuah blog berdasarkan rujukan dari mesin pencari, contohnya saja sahabat mengetik "Nocturnalnet" di mas Google atau dek Bing, maka sahabat langsung menemukannya dihalaman pertama, cara gampangnya adalah blog sahabat sering di kunjungin dan banyak yang share, dan menghasilkan banyak sekali backlink yang berkualitas, disitu mas Google dan dek Bing akan membaca eehh ini ta blog Nocturnalnet itu, banyak yang suka ya, banyak yang share ya, ahh aku kasih dia lapak di page pertama nah gampangnya seperti itu sahabat, semoga sahabat paham akan bahasa ku ini.

Nah gimana sahabat? sudah ada gambaran kah?

Nah kalau sudah ada gambaran kita bahas topik selanjutnya sahabat yaitu tentang menaikkan Domain Authority

Perlu sahabat ketahui menaikan Domain Authority ini tidak lah mudah dan bisa dengan singkat sekejap awan kinton melesat dengan goku ke kakek mesum... eehh kakek kura kura heheh
meskipun tidak secepat awan kinton tapi tidak ada salahnya kan sahabat mencobanya...
yang mesti sahabat perhatikan dan perbaiki dan terus update adalah


1. TEKNIK SEO
Kenapa TEKNIK SEO, hmmm karena kata orang orang yang saya anggap masternya Blogging mereka sering memandang SEO itu penting, seperti halnya riset, struktur blog, url, meta tags keyword dan masih banyak lagi sahabat, jadi intinya pelajari SEO dari bawah sampai atas, lama lama sahabat akan merasakan enaknya jika sudah terbiasa, perlu sahabat ketahui SEO ini ada Off Page dan On Page, gampangnya jika Off adalah Offline dan jika On adalan Online

2. KONTEN YANG BERKUALITAS
Tahukah sahabat, kenapa sahabat bisa membaca sampai bagian konten yang berkualitas ini? Enggak emangnya kenapa? jadi sahabat, konten yang berkualitas itu adalah konten yang mampu membuat penasaran dan membuat betah pembaca hehehe, ya sahabat sahabat ini yang selalu setia membaca blog saya 💋 tahukah sahabat, membuat konten yang berkualitas itu tidak lah mudah hmmm, perlu berjam jam membuatnya, bahkan ada yang berhari hari.

Baca Juga : Membuat Konten Yang Berkualitas

Tidak sampai disitu sahabat, untuk bisa membuat konten yang berkualitas juga harus riset ataupun penelitian, enggak enak kan kalau kita membuat konten yang kebenarannya belum terbukti, ntar kita dsebut tukan sebar hoax lagi 😒

3. PROMOSI dan BRANDING
Promosi dan Branding itu sangat penting sahabat, apalagi blog kecil seperti punya saya ini, hmmm, gampangnya gini sahabat, sahabat buka usaha, udah punya toko, dah punya produk tapi belum punya konsumen, terus darimana datangnya konsumen? hmmm ya datang sendiri lah hahaha .
Heheh iya bener sahabat, konsumen datang sendiri, tapi kan belum tahu sahabat punya produk apa, toko apa, bisa apa sih toko kita, terpercaya enggak sih toko kita, maka dari itu promosi dan branding sangatlah penting, blog besarpun juga terus menerus promosi dan branding sahabat.

Tahukah sahabat jika promosi dan Branding bisa dilakukan dengan banyak hal, misalnya dengan

  • Blogwalking (berkunjung antar sesama blogger)
  • Membangun relasi yang harmonis dengan banyak blogger
  • Sebar Link (Bukan Spam ya)
  • Balas Komentar dari pembaca atau setiap interaksi, supaya pembaca merasa tidak diabaikan
  • Mencari masalah dan memberi Solusi
  • Beritahukan ke Keluarga, Teman, Kerabat, ataupun membuat selebaran dan tempelkan di tembok tembok (pernakan sahabat melihat iklan sedot wc di jalan jalan? jika iya itu adalah salah satu teknik yang sangat mujarab sekaliii)
  • Jika ada lagi sahabat bisa komentar dibawah ya heheh, soalnya baru kepikiran itu heheheh 😋😄🙏


4. KONSISTEN
Menjadi seorang blogger itu tidaklah semudah kita copy paste saja sahabat, blogger yang baik dan benar dan sesuai kaidah EYD,, eehh heheheh tidak lah mudah mencapai posisi yang langsung enak, banyak pengunjung, banyak pembaca setia, dijadikan rujukan, itu semua diperoleh dari kerja keras dan konsisten, seoang blogger kecil seperti saya ini selalu diuji karena visitor yang sedikit sahabat, dan ada pikiran ahhh buat apa saya nulis banyak banyak kalau tidak ada yang membaca, hmmmm, pernah ada pikiran begitu? kita sama sahabat heheheh, tapi saya tidak patah semangat sahabat, terus dan terus berusaha

PAGE AUTHORITY

Page Authority itu gampangnya adalah popularitas page blog sahabat dalam mesin pencari, misalnya saja sahabat menuliskan "Nocturnalnet" ke mas Google ataupun dek Bing jika sahabat menemukan dalam satu page itu ada banyak artikel yang berkaitan atau dari Nocturnalnet, maka bisa dikatakan PA nocturnalnet bagus

Gimana sahabat sudah paham belum? sudah ada gambaran belum?

Jika sudah yukk kita cari tahu gimana sih cara ningkatin Page Authority

Cara menaikan Page Authority ataupun Domain Authority bisa menggunakanbanyak cara sahabat, tetapi jangan sekali kali sahabat menggunakan cara curang ya sahabat, karena banyak jalan menuju Mekah itu memang benar, tetapi jalan itu hanya di dapatkan dari yang halal, kalau sahabat curang, walaupun mekah sudah di depan mata, pasti ada aja rintangannya "Takut Azab" jadi sahabat mulailah dengan jujur, walaupun lambat, pasti berkah :D, nah kalau sahabat sudah ada niat untuk memulai dengan jujur, dengan cara di bawah ini sangat cocok sekali dengan sahabat


1. KONTEN ASLI bukan COPAS boleh REWRITE
Blog yang bagus itu adalah blog yang asli kontenya, dan tidak Copas alias Copy + Paste apa itu copy paste? copy paste adalah minum kopi dicampur pasta gigi hahahah, bercanda sahabat heheh, tahukah sahabat mas Google dan dek Bing ataupun tetangga lain sangat suka jika blog sahabat mempunya konten asli maupun Rewrite dengan bahasa sendiri heheh, mau pilih mana sahabat memanjakan mesin pencari atau memanjakan sahabat heheh, kalau saya sendiri lebih memilih memanjakan sahabat, karena apa? karena jika saya memanjakan sahabat maka mesin pencari akan memanjaka blog saya heheh

2. MEMBANGUN INTERNAL LINK MAUPUN EKSTERNAL LINK
Mudahnya begini sahabat, jika konten sahabat bagus, maka pembaca akan ketagihan untuk membaca konten lain, nah, untuk memanfaatkan hal ini, buatlah related post atau artikel terkait atau sidebar yang memuat konten konten sahabat, tidak sampai disitu sahabat, kita juga harus membangun eksternal link

3. TAMBAHAN YANG MENARIK 
Benar sekali sahabat dalam membuat konten ada yang namanya unsur yang menarik apa saja itu?

  • Gambar
  • Video
  • Animasi
  • Musik

Kita hidup di zaman XYZ apa itu XYZ hmmm gampangnya dalah orang orang yang ada di dalam transisi, di transisi itu sendiri dan bersiap meninggalkan transisi teknologi, seperti kakek kita, kita dan anak kita, kakek kita hidup belum secanggih sekarang tapi, merasakan kecanggihan sekarang, kita merasakan kecanggihan ini dari kecil da anak kita mungkin besok akan hidup dengan kecanggihan, maka dari itu budaya dalam menggali informasi akan sangat berbeda, orang zaman dahulu lebih suka membaca, kalau kita masih suka membaca ataupun melihat saja, tetapi kebanyakan anak kita atau kaum mendatang ini menurut riset lebih suka melihat yang praktis, sepertihalnya gambar, infografis, ataupun video


Nah itu sahabat yang bisa saya sampaikan heheh, jika sahabat punya cara yang lebih bagus atau mempunyai pandangan tersendiri mengenai DA dan PA
Jangan lupa komentar di bawah

Semoga Bermanfaat
Assalamuallaikum

Mengetahui Lebih dalam DA dan PA dalam BLOG

Assalamauallaikum sahabat, tahukah sahabat kalau adsense akhir akhir ini sering ngambek hehehe, untuk sahabat yang sudah mendapatkan hasil dari adsense ini, pasti tahu kalau ada potongan di dalam pendapatan, tahukah sahabat penyebabnya?, mau tau?, yuk baca sampai habis

Ketahui Penyebab Invalid Activity Adsense
hmmm invalid activity adsense bisa mendatangkan potongan terhadap pendapatan kita, walaupun kita tidak melakukan apa apa, bisa jadi karena pengunjung sahabat, tetapi untuk seorang blogger mendapatkan penghasilan adalah sampingan, yang menjadi menu utama adalah selalu menyajikan informasi yang menarik bagi pembaca, ya sahabat ini hehehe, tapi, tidak ada salahnya kan kalau membahasnya sedikit, tahukah sahabat yang menjadi dalang dari semua ini hehehe, penuh drama..., penyebabnya itu ada banyak sekali sahabat, namun titik terbesar atau point merahnya adalah diantaranya,...

MELAKUKAN SPAM PENGUNJUNG

hmmm, spam pengunjung hehehe, initnya melakukan atau mendatangkan pegunjung yang tidak nyata, semoga sahabat paham dengan bahasaku... jadi ketika sahabat menggunakan trik mendatangkan pengunjung yang bukan manusia kedalam blog, semata mata hanya ingin traffik dan meningkatkan pengunjung saja, hal ini akan berakibat fatal terhadap blog sahabat karena bisa dipastikan blog sahabat akan diangap sampah oleh google atau search engine lain, atau yang lebih buruk akan dimasukan kedalam kotak pasir google hehehe apa itu kotak pasir atau sand box, hmmm sahabat bisa bayangin sendiri, kalau ada kucing dan kotak pasir, apa isi kotak pasir tersebut?

MELAKUKAN KLIK SENGAJA, MANUAL ATAU OTOMATIS

Bagaimana itu?, jadi gini sahabat, ketika banyak pengunjung maka nilai klik iklan sahabat akan naik nah untuk memanfaatka ini ada salah satu dan salah dua atau bahkan salah tiga melakukan kecurangan akan pendapatan adsense mereka dari blog, hmmm banyak jalan menuju makkah ya, tapi itu tidak baik sahabat, jalan menuju makkah seharusnya dilakukan dengan jujur dan halal, bukan dengan cara yang curang. Salah satu contohnya adalah menggunakan software untuk meng-klik iklan sendiri dengan otomatis software otomatis itu akan mengklik iklan dan tentunya dengan membuat pengunjung palsu, jadi seolah olah ada pengunjung dan pengklik iklan, hal ini sangat beresiko sahabat, ada juga cara manual, dengan mengklik sendiri, tentunya dengan bantuan software seperti vpn untuk memaslsukan tempat dan software pengunjung. 

nah gimana sahabat, jangan pernah melakukan itu, mumpung belum dan jangan pernah, karena bisa berdampak buruk, yang ujung ujungnya akun adsense yang susah payah di dapetin itu di banned, kan sayang banget.

BOM KLIK

wowwww, apa itu bom klik heheh, dari namanya saja sudah ketahuan kalau bom klik itu adalah bom yang di klik hahaha...., bercanda sahabat, jadi bom klik itu adalah tingkat klik iklan yang tidak wajar dengan presentase visitor sahabat, jadi lebih banyak klik dari visitor, tapi bisa juga banyak visitor tetapi jangka klik iklan sahabat berdekatan, biasanya untuk blog kecil seperti saya ini 100 pengunjung bisa dapet 1-2 klik saja sahabat, apasih dampaknya dari bom klik ini, diantaranya, google adsense akan menurunkan nilai klik per iklan dan akan menampilkan iklan yang murah murah saja, maka dari itu sahabat, jangan pernah mengklik iklan sendiri dan selalu bersikap baik, tentunya ramah, karena banyak sekali atau bisa dibilang sensitif orang terhadp kita, bisa jadi cara melampiaskanya dengan membombardir dengan klik iklan, tentunya dengan berjaga jaga sahabat bisa memasang script anti bom klik, banyak sekali bertebarab di internet heheh...

Nah itu sahabat yang sedang terlintas di kepala saya yang ganteng ini hehehe, perlu sahabat ketahui adsense ini adalah milik raksasa google, jadinya persyaratanya pun sulit, jadi pertimbangkanlah jika ingin curang jadi sahabat harus waspada dan tetap dijalan yang benar agar menuju makkah tercapai dengan cepat, karena banyak jalan menuju makkah hanya diperoleh dari yang halal. Mungkin masih banyak penyebabnya, untuk itu sahabat mungkin bisa mengantisipasi dengan

  1. Relokasi dan pilih tempat aman meletakkan iklan
  2. Atur Backling berkualitas
  3. Konsisten
  4. Jujur 
Semoga bermanfaat
Assalamuallaikum

Ketahui Penyebab Invalid Activity Adsense

Assalamuallaikum Sahabat, kali ini kita akan membahas apa aja sih kriteria atau ciri ciri blog yang disukai oleh pembaca hehe, seperti sahabat sahabat ini yang setia membaca blog saya :D. Tentu saja itu menjadi suatu kebangaan tersendiri buat saya sahabat. terus apa aja sih ciri cirinya? yuk dibaca sampai habis

CIRI KHAS

Hayoo, apa ciri khas dari blog saya ini, pasti sahabat sudah bisa menebak, yup ciri khas dari blog ini adalah informasinya dikemas sepertihalnya saya sedang berbicara dengan teman sendiri heheh, kenapa ya, hmmm entah sahabat, lebih enak saja, dari pada harus mengikuti dari blog tetangga yang memanjakan search engine, saya lebih suka memanjakan sahabat hehe.

JUDUL APA ADANYA DAN SESUAI ISI

Pernahkan sahabat melihat judul yang bombastis tetapi isinya sangat berbeda? jika pernah hal itu mungkin saja CLICK BAIT ya click bait, kalau tidak salah click bait itu adalah judul yang sangan "wah" tetapi isinya tidak wah, judul ini hanya sebagai pemanis dan tentu saja tidak akan bertahan lama karena yang baca hanya pembaca musiman. itu sangat berbahaya sekali sahabat, tapi... beda lagi kalau judul yang apa adanya, pembaca akan cenderung lebih senang karena ketika melihat judulnya pembaca pun sudah ada gambaran, atau mungkin belum tahu sama sekali, ketika membaca ada kepuasan tersendiri jika membacanya sampai habis dan tentu saja memberikan suatu efek yang positif. nah bagaimana sahabat, mau cari pengunjung musiman atau pengunjung setia


TULISAN ERROR

Lhoo kok tulisan error, heheh iya sahabat, mungkin sahabat lebih familiar dengan typo atau salah ketik, hmmm ini musuh besar saya sahabat, maafkanlah saya yang disetiap postingan selalu ada tulisan error, untuk kedepannya akan lebih baik lagi sahabat :D, eh iya kenapa sih tulisan error atau enaknya kita nyebutnya kepenulisan kita harus diwaspadai, yup alasanya karena ini untuk kepuasan pembaca, ya... untuk sahabat sahabat ini, akan merasa nyaman dengan tulisan dan tentu saja tidak cepat bosan karena bahasa yang kaku :D

TEMPAT / WADAH / TEMPLATE / TEMA PENULISAN / TULISAN

Duh, panjang amat ya heheh, tapi intinya cuman satu sahabat hehe tempat kita menulis ini, pernahkah sahabat masuk ke blog yang banyak sekali iklannya, sampai sampai menutupi konten atau paling tidak ada iklan yang bawel sekali, hmm sangat menggangu ya sahabat. Tidak hanya itu sahabat, template kita juga harus bagus, bersih dan nyaman, coba saja deh sahabat heheh, nilai saja template blog saya ini, apakah nyaman atau mengganggu, jika sahabat tidak merasa terganggu maka bisa dibilang ini nyaman, bisa juga karena kecepatan blog, tapi hal ini relatif sahabat, bisa saja koneksi atau device yang sahabat pakai

nahh itu sahabat yang bisa saya beritahukan heheh mungkin masih banyak lagi sahabat, semoga bermanfaat, jangan lupa jika sahabat punya saran atau menambahi silahkan berkomentar ya :D

Assalamuallaikum

Kamu Perlu Tahu Tipe Blog yang Disukai Pembaca

Assalamuallaikum sahabat, tahukah sahabat seberapa lama sih pembaca blog sahabat bertahan lama didalam blog sahabat atau berapa lama pembaca blog sahabat ada didalam blog sahabat. Tidak tahu, memangnya apa pentingnya?, 


Perlu sahabat ketahui mengetahui seberapa lama pembaca itu sangat penting untuk kelangsungan konten atau post sahabat, misalnya saja nih, ada pembaca menemukan konten atau post menarik didalam blog sahabat, si pembaca betah akan konten sahabat dan terus membaca sampai akhirnya berlangganan atau paling tidak selalu datang ke-blognya sahabat. Oh, jadi seperti itu ya, terus bagaimana cara taunya? mudah kok cara tahunya, tapi sebelum itu kita harus tau apa sih Bounce rate dalam analytic itu, kalau mudahnya ni sahabat, "Bounce rate itu adalah seberapa betahnya pembaca didalam blog kita"  nah gimana sahabat sudah jelas kan apa itu Bounce Rate

Iya, jadi tau apa itu Bounce rate, terus bagaimana sih melihatnya...?
trus bagaimana sih cara melihat Bounce Rate pada blog, perlu sahabat ketahui untuk mengetahui Bounce Rate sahabat harus memasang Penganalisa atau Analytic, sangat banyak yang menawarkan jasa ini, gratis maupun berbayar, tetapi saya memakai Google Analytic tentunya dari google yang sudah terpercaya dan tentunya akurat, jika sudah mendaftar maka tunggulah minimal 3 hari atau maksimal; sebulan untuk ada data yang terlihat.

Apakah rasio pantulan tinggi adalah hal yang buruk?
Tergantung.
Jika keberhasilan situs bergantung pada pengguna yang melihat lebih dari satu halaman, maka rasio pantulan yang tinggi adalah hal yang buruk. Misalnya, jika beranda adalah gateway ke bagian situs yang lain (misalnya, artikel berita, halaman produk, proses pembayaran) dan sebagian besar pengguna hanya melihat beranda, maka Anda tidak menginginkan rasio pantulan yang tinggi.
Di sisi lain, jika Anda memiliki situs satu halaman seperti blog, atau menawarkan jenis konten lain yang diharapkan menghasilkan sesi satu halaman, maka rasio pantulan tinggi adalah hal yang normal.
kutipan itu diambil dari bantuan analytic google pada 01/2019

untuk lebih gampangnya sahabat, memang tidak ada yang 100% sempurna sewaktu waktu bisa berubah tetapi untuk menjadikannya patokan atau anjuran, jika Bounce rate tinggi mendekati 100% maka bisa dikatakan pengunjung tidak terlalu betah dengan blog atau konten sahabat, Lhoo tapi banyak kok yang lama di blog ku. memang benar sahabat, banyak yang lama membaca post sahabat atau konten sahabat, tetapi apakah hanya satu artikel saja? tidak membaca konten atau post lainnya?, jika iya maka hal itu wajar jika bounce rate mendekati 100%.

hmmm begitu rupanya bounce rate dapat mengetahui pembaca yang setia di blog kita ya, tapi apakah itu ada dampaknya secara tidak langsung ke blog kita?
Jika dampak, tentu sangat ada sahabat, banyangkan sahabat, jika ada pembaca yang suka dengan konten sahabat kemudian pembaca itu membagikan ketemannya, ke sosial media, apakah akan membuat visitor menurun? tentunya tidak sahabat, secara tidak langsung Bounce rate berusaha membantu kita akan interaksi kepada pembaca dengan data data tersebut dan secara tidak langusng membuat kita bersemangat untuk membuat konten yang lebih menarik lagi (ada kepuasan tersendiri jika konten kita bermanfaat), bener enggak sih? coba buktikan sendiri heheheh....

wah iya ya, masuk akal juga itu heheh, eehh bukanya tadi jika bounce rate tinggi maka banyak pembaca yang sebentar membacanya terkecuali satu konten?!, terus bagaimana cara mengatasi bounce rate yang terlalu tinggi?
hmmmm, iya sahabat tapi itu hanya tampilan saja, jadikan pengingat agar kita membuat konten yang tambah baik lagi, tidak hanya itu sahabat, jika banyak diluar sana menggunakan CLICK BAIT, hmmmm itu opsi yang ke-ter-akhir-an saja, lhoo kenapa bukanya click bait itu jadi banyak visitor? yup benar sekali sahabat, tetapi alangkah baiknya jika judul dan konten alami dan bagus itu akan banyak membuat pembaca betah, beda halnya dengan click bait yang hanya pengunjung MUSIMAN, wah iya ya kalau pengunjung musiman nanti pengunjung naik tiba tiba turun drastis, terus bagaimana cara mengatasinya? nah maka dari itu sahabat, buatlah judul dan isi yang senatural mungkin, untuk cara mengatasinya sendiri sahabat bisa membenahi tampilan blog sahabat bukan hanya tampilan ya sahabat, tetapi juga fitur dan kontennya, misalnya menambahkan artikel terkait, random post, internal link, hal ini dilakukan agar banyak yang membaca lebih dari satu artikel saja heheh...

tahukah sahabat agar bounce rate kita sedikit, maksimal 70% sudah bagus lhohh.. kalau 100% itu kurang sahabat, minimal sahabat harus bisa menghipnotis heheheh, pembaca atau membuat pembaca betah selama 10 detik untuk membaca artikel dan tentunya mengklik postingan lainya, maka dari itu sahabat sedikit demi sedikit membuat konten yang lebih baik dan menyematkan artikel terkait heheh, maka itu bisa mengurangi sedikit demi sedikit bounce rate dari blog kita yang tinggi sahabat


Sumber
https://support.google.com/analytics/answer/1009409?hl=id
https://support.google.com/analytics/answer/1006253

Mengenal Lebih Dalam Bounce Rate dalam Analytic

Assalamuallaikum sahabat, siapa yang enggak tau bakso, pastinya sudah tau kan, tapi... umumnya bakso terbuat dari tepung dan daging, terus apa iya bisa dibuat dari tempe?, hmmmm pasti penasaran kan, kalau sahabat penasaran yukk baca resepnya Bakso Tempe ini,

Resep "BAKSO TEMPE" yang enak


sebelum itu siapkan bahan bahannya

BAHAN

1. Siapkan 3 potong tempe balok kemudian potong kecil-kecil
2. Siapkan 75 ml (-+5 sdm) tepung kanji / tepung tapioka
3. Siapkan 80 ml (-+ 6 sdm) tepung terigu
4. Siapkan 200 ml air panas (yang mendidih)
5. Siapkan 2 butir telur (sudah dikocok)
6. Siapkan 2 siung bawang putih dan merah dipotong halus
7. Siapkan daun bawang di iris halus
8. Siapkan seledri secukupnya
9. Siapkan 15 ml (-+ 1 sdm) minyak wijen
10. Siapkan 30 ml (-+2 sdm) minyak goreng
11. Siapkan 1 sdm lada bubuk atau merica
12. Sipakan 15 ml (-+ 1 sdm ) soda kue
13. Siapkan 15 ml (-+ 1 sdm ) penyedap rasa sapi atau ayam
14. Siapkan 15 ml (-+ 1 sdm ) kecap asin
15. Siapkan 15 ml (-+ 1 sdm ) air asam jawa

nah jika sahabat sudah menyiapkan bahan-bahanya sekarang waktunya untuk membuat bakso tempe ini

CARA MEMBUAT


1. Potong tempe kecil-kecil kemudian dikukus dan dihancurkan
2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai berubah warna
3. Satukan tepung terigu, tepung kanji, garam, tumisan bumbu, lada, penyedap rasa dan campuran sesuai selera seperti wortel atau kembang kol yang sudah di potong kecil lalu masukan kedalam wadah besar (Baskom) setelah itu tambahkan daun bawang, garam, gula dan penyedap rasa sapi atau ayam kemudian aduk hingga rata dan tambahkan adonan telur yang sudah di kocok lalu aduk hingga rata
4. Tambahkan tempe dan minyak kedalam adonan dan masukan sedikit demi sedikit tepung tapioka agar tidak terlalu berair (Cuer) dan bisa kental sesuai keinginan
5. Jika adonan sudah mengental lalu cuci sambil dipijat dan keringkan
6. Jika sudah dirasa cukup kering kering basah maka bentuklah seperti bentuk bulat bakso, lalu keringkan
7. Setelah itu rebus dan kukus bakso tempe tadi
8. Jika sudah, goreng dengan api yang tidak terlalu besar atau kecil
9. Tiriskan Bakso tempe tadi yang sudah digoreng
10. Bakso tempe goreng siap disantap

nah gimana sahabat, mudah kan membuatnya, tidak perlu beli daging mahal, menggunakan tempe pun bisa membuat bakso, tertarik membuatnya sahabat? silahkan dicoba :D

Resep "BAKSO TEMPE" yang enak

Assalamuallaikum sahabat, ketemu lagi dengan saya hehehe, setelah kemarin membahas tentang resep makanan, sekarang pun masih membahas tentang resep makanan, tapi, apa sahabat tau bagaimana kue ulat sagu itu heheh, apa bayangan sahabat seperti ulat atau memang ulat heheh, kalau jawaban sahabat itu, benar sekali kue ulat sagu berbentuk seperti ulat, tapi.... bukan ulat beneran melainkan dari tepung hehehe

Resep "Kue Ulat Sagu" yang Manis
Tanpa basa basi sahabat, langsung ke resepnya

SIAPKAN BAHANNYA

1. 200 gram tepung maizena
2. 100 gram mentega
3. Susu kental manis
4. Pewarna aroma pandan atau sesuai selera
5. Choco Chips

Jika sahabat sudah menyiapkan bahan bahanya, langsung saja kita mulai membuatnya

TATA CARA

1. Mixer susu dengan mentega hingga tercampur rata
2. Masukan tepung maizena sambil diaduk
3. Masukan pewarna aroma pandan dan aduk hingga tercampur semuanya
4. Ambil sedikit adonan dan bentuk loncong dan cetak garis garis menggunakan sisir kue
5. Berikan atau tempelkan chocho chips ke bagian ujung adonan yang sudah loncong
6. Oven hingga matang
7. Siap di hidangkan
nahh gimana sahabat, mudah, praktis dan tentunya enak, kue ini sangat digemari anak anak sahabat, jadi sahabat bisa mencoba sendiri kuenya, dan coba berikan ke adik sahabat yang masih kecil atau anak sahabat heheh dan buktikan sendiri enak atau tidak, kalau enak sahabat berhasil membuatnya, tapi kalau enggak,mungkin harus dicoba lagi heheh, selamat membuat kue sahabat :D

Resep "KUE ULAT SAGU" yang Manis

Subscribe Our Newsletter